Minggu, 02 Oktober 2011

Bagaimana MengINDONESIAkan INDONESIA??

TUGAS DISKUSI KEWARGANEGARAAN
1.      Paham kekuasaan yang bagaimana yang dapat diterapkan di Indonesia agar Indonesia menjadi bangsa yang kuat?
Jawab:
Bangsa Indonesia yang berfalsafah dan berideologi Pancasila menganut paham tentang perang dan damai. Agar menjadi bangsa yang kuat, Indonesia menerapkan paham kekuasaan “cinta damai, akan tetapi lebih cinta kemerdekaan”. Dengan demikian wawasan nasional bangsa Indonesia tidak mengembangkan ajaran kekuasaan dan adu kekuatan karena hal tersebut mengandung persengketaan dan ekspansionisme.


2.      Bagaimana cara memanfaatkan laut Indonesia? Apa saja hambatan dan keuntungan dalam eksplorasi hasil laut?
Jawab:
Laut adalah kumpulan air asin dalam jumlah yang banyak dan luas yang menggenangi dan membagi daratan atas benua atau pulau . Perairan Indonesia adalah laut territorial Indonesia beserta perairan kepulauan dan perairan pedalamannya.
Laut memiliki banyak fungsi dan peran, oleh karena itu memanfaatkan laut Indonesia perlu perhatian khusus karena hal itu terkait untuk kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Kekayaan sumber daya alam di dalam dan diatas laut dapat kita manfaatkan diantaranya yaitu dapat dimanfaatkan sebagai:
·         Tempat rekreasi dan hiburan
·         Tempat hidup sumber makanan
·         Pembangkit listrik tenaga ombak, pasang surut dan angin.
·         Budidaya ikan, kerang  mutiara, rumput laut dan lain-lain
·         Tempat barang tambang berada
·         Salah satu sumber air minum (desalinasi)
·         Sebagai jalur transportasi air
·         Sebagai tempat cadangan air bumi
·         Tempat membuang sampah berbahaya (fungsi buruk)
·         Sebagai objek riset untuk penelitian dan pendidikan.
Akan tetapi ada hambatan dalam eksplorasi hasil laut. Hal tersebut dikarenakan Indonesia memiliki wilayah perairan laut yang sangat luas dan kurang terjaga sehingga mudah mendatangkan ancaman sengketa batas wilayah dengan negara tetangga. Perlu diketahui untuk landas kontinen Negara kita berhak atas segala kekayaan alam yang terdapat di laut sampai dengan kedalaman 200 meter. Batas laut territorial sejauh 12 mil dari garis dasar lurus dan perbatasan laut zona ekonomi eksklusif (ZEE) sejauh 200 mil dari garis dasar laut.
      Sedangkan keuntungan dari hasil eksplorasi hasil laut diantaranya dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat terutama para nelayan yang mata pencahariannya di laut. Selain itu, dengan adanya laut yang di jadikan tempat wisata memberikan pendapatan penduduk disekitar dan secara tidak langsung meningkatkan devisa Negara. Eksplorasi laut juga dapat membuka lapangan pekerjaan bagi penduduk Indonesia diantaranya: pedagang, penginapan baik vila, losmen untuk para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.


3.      Apa yang dapat dilakukan Indonesia untuk memanfaatkan ruang udara, untuk kemakmuran rakyat?
Jawab:
Udara merupakan wilayah yang berada di atas wilayah darat (daratan) dan wilayah perairan (laut) territorial dari suatu Negara. Ruang udara memiliki potensi yang dapat memberikan retribusi yang tidak sedikit bagi pendapatan Negara, apalagi bila Negara tersebut memiliki wilayah yang luas serta berada dalam posisi strategis sebagaimana yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Ruang udara di wilayah kedaulatan Negara yang telah diakui oleh hukum Internasional, yaitu seluas 8,4 juta km2, dan 110 km2 dari permukaan laut serta berada di posisi silang strategis diantara 2 benua dan 2 samudera, sehingga hak penuh dan utuh atas wilayah ruang udaranya yang memiliki keunggulan komparatif, dapat dimanfaatkan sebagai suatu bargaining power di berbagai perundingan dengan Negara lain diantaranya adalah untuk Air Service Agreement.



4.      Inti ajaran wawasan nusantara adalah persatuan dan kesatuan, apa yang dapat dipertahankan oleh kondisi Indonesia sekarang?
Jawab:
Pengertian dari wawasan nusantara itu sendiri adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia terhadap diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berlandaskan Pancasila dan UUD 1945.
Hal yang dapat dipertahankan dari bangsa Indonesia saat ini adalah kesatuan dalam hal sosial budaya. Artinya walaupun berasal dari berbagai suku, ras, dan agama yang berbeda akan tetapi dapat hidup tenteram dan saling tolong menolong.




 Disusun Oleh:







3 komentar: