Rabu, 21 Desember 2011

Meniran

Sekilas tentang Meniran yang aku tahu..

TANAMAN MENIRAN (Phyllanthus niruri)
Nama Ilmiah                : Phyllanthus niruri L.
Nama Simplisia            : Phyllanthi Herba
Nama Sinonim             :Phyllanthus urinaria L.
 
Klasifikasi Botani tanaman meniran :
Kingdom : Plantae 
Division : Spermatophyta
Subdivisio : Angiospermae
Class : Dicotylae
Order : Euphorbia+les
Family : Euphorbiaceae
Genus : Phyllanthus Linn
Species :Phyllanthus niruri Linn
Nama Lokal : Meniran (Jawa), gasau ma dungi (Ternate), kilanelli (India), memeniran (Sunda)



Nama Latin
Phyllanthus niruri
Nama Asing
Zhen zhu cao, hsieh hsia chu (China), small gooseberry (Inggris), bhui amla, bhuamalaki (India), sampasamplukan (Fillipina), chanca piedra (Spanyol), stonebreaker (Inggris).
Nama Umum
Indonesia : Meniran
Melayu : Dukung Anak
Filipina : Sampa Sampalukan
Nama Daerah
Jawa : Meniran, Daun gendong anak
Ternate : Gasau madungi, Gosau madungi roriha

Kegunaan
Di Fillipina, ekstrak meniran digunakan untuk racun ikan. Senyawa beracun itu berasal dari golongan alkaloids: 4-metoksi-norsekurinin dan entnorsekurinin. Bagian yang digunakan untuk herbal Seluruh bagian tanaman


Morfologi
Merupakan tanaman semak, tanaman semusim, dengan tinggi mencapai 20-60 cm.

  • Batang

Batang masif, bulat licin / basah, tidak berambut, diameter 3 mm, berwarna hijau dengan tinggi kurang dari 50 cm.

  • Daun

Mempunyai daun yang bersirip genap setiap satu tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang mempunyai ukuran kecil dan berbentuk lonjong. Daun berseling, anak daun 15-24, berwarna hijau, bentuk bulat telur, panjang 1,5 cm dan lebar 7 mm, tepi rata, ujung tumpul, pangkal membulat.

  • Bunga

Bunga berwarna putih, tunggal, dekat tangkai anak daun dan menghadap kearah bawah.

  • Buah

            Buah kotak, bulat, diameter 2 mm, berwarna hijau keunguan.

  • Biji

Biji kecil, keras, berwarna coklat.

Kandungan Kimia
Senyawa kimia yang terkandung dalam tumbuhan Meniran antara lain zat filantin, hipofilantina, kalium, mineral, damar, tanin (zat penyamak).



Tempat Tumbuh
Meniran tumbuhan berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di hutan-hutan, ladang-ladang, kebun-kebun maupun pekarangan halaman rumah, pada umumnya tidak dipelihara, karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Meniran tumbuh liar di tempat lembab dan berbatu, seperti di sepanjang saluran air, semak-semak.
Ketinggian Tempat :  Meniran tumbuh subur ditempat yang lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.


Efek herbal
Meniran bersifat diuretik, antiradang, pelindung hati, pereda deman, dan penjaga stamina.


Empiris
Herba meniran digunakan untuk mengobati penyakit kuning, kencing nanah (gonorrhoea), gangguan pencernaan, diabetes, luka pada kulit, diare, radang usus, meredakan sariawan, infeksi saluran kencing, radang hati, dan penambah nafsu makan. Di Malaysia meniran digunakan untuk mengobati sengatan tawon, gatal, dan penyakit kulit. Sementara di India masyarakat menggunakan meniran untuk mengatasi gangguan penyakit kulit seperti kurap, kudis, dan kutil.

Senyawa aktif

Kandungan kimia: phyllanthin, hypophyllanthin, niranthin, nirtetrali, nirurin, nirurinetin, norsecurinine, phyllanthenol, phyllantheol, phyllnirurin, phylltetrin, quercitrin, quercetin, ricinoleic acid, rutin, salicylic acid methyl ester, gallic acid, ascorbic acid, hinokinin, hydroxy niranthin, isolintetralin, isoquercitrin. Senyawa lain berupa beta-glucogallin, quercetin 3-0-be7-d-glucopyranosyl (2 >1) 0 beta-d-xylopyranoside, dan beta-sitosteroy Senyawa baru lain yang baru ditemukan adalah seco­4-hidroksilintetralin,. seco-isoarisiresinol trimetil eter, hidroksinirantin, dibenzilbutirolakton. nirfilin. dan neolignan.
Akar dan daun Phyllanthus niruri kaya senyawa flavonoid, antara lain phyllanthin, hypophyllanthin. qeurcetrin. isoquercetrin. astragalin dan rutin. Minyak bijinya mengandung beberapa asam lemak yaitu, asam ricinoleat, asam linoleat, dan asam linolenat.

Bukti ilmiah
Pelarut Asam Urat dan Batu Ginjal
Kandungan utama flavonoid dan glikosida flavonoid menghambat kerja enzim xanthine oksidase dan superoksidase. Kedua efek ini digunakan dalam pengobatan asam urat dan batu ginjal. Flavonoid akan berikatan dengan kalsium dari batu ginjal membentuk senyawa kompleks kelat yang mudah larut. lon-ion Na dan K akan berikatan dengan asam urat membentuk senyawa garam yang mudah larut dalam air sehingga asam urat yang telah mengkristal di dalam darah dan ginjal akan terlarut secara perlahan-lahan dan akan dikeluarkan. Meniran juga berkhasiat diuretik, mendorong keluarnya air seni. Dengan cara ini diharapkan kelebihan asam urat bisa segera dilepas keluar.
Pemakaian meniran sebagai obat ginjal harus dilakukan dengan
hati hati. Ibu hamil dilarang meminumnya karena meniran bersift menggugurkan kandungan. Penderita dengan gangguan ginjal akut. Sebaiknya tidak mengkonsumsi ramuan berbahan dasar meniran. Pemakaian dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan gangguan disfungsi ereksi dan gagal ginjal.


Itu tadi sedikit mengenai Meniran. Semoga bermanfaat :)

1 komentar:

  1. Salah satu tanaman herbal di farmakologi adalah meniran. Stimuno untuk balita/anak dan dewasa ada kontraindikasi, yakni jangan (tidak boleh) diminum oleh wanita hamil, ibu menysusui, pasien dengan hipersensitivitas terhadap tanaman meniran (Phyllanthus niruri) dan pasien yang menderita penyakit autoimun.

    BalasHapus