Sabtu, 08 Desember 2012

Beda Laptop, Notebook, Netbook, Tablet PC

Gegara bingung alias gaptek alias ndeso, aku nggak ngerti bedanya Laptop, Notebook, Netbook, and Tablet. Secara bentuk aku ngerti, tapi secara harfiah maupun spesifikasinya aku masih nooool. Tapi, dengan jerih payah menelusuri apa dan bagaimana mereka, aku sedikit dapet pencerahan. Yihaaaa,,ini diaaa .....



Laptop

Laptop (Komputer jinjing, notebook, atau powerbook) adalah komputer mobile yang berukuran relatif kecil dan ringan, beratnya berkisar dari 1-6 kg (tergantung ukuran, bahan, dan spesifikasi laptop tersebut). Sumber daya laptop berasal dari baterai atau adaptor A/C yang dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai dan menyalakan laptop itu sendiri. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan sekitar 1 hingga 6 jam sebelum akhirnya habis (tapi kebanyakan cuma tahan 4 jam), tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai.

Sebagai komputer pribadi, laptop memiliki fungsi yang sama dengan komputer desktop secara umum. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya. Laptop kebanyakan menggunakan layar LCD (Liquid Crystal Display) berukuran 10 inci - 17 inci. Selain itu, dilengkapi dengan touchpad yang berfungsi sebagai “pengganti” mouse. Keyboard dan mouse tambahan dapat dipasang melalui soket USB maupun PS/2 jika tersedia. Yang khas di laptop adalah adanya DVD drive (yah, secara dari ukuran emang gedhe).

Laptop memiliki komponen pendukung yang didesain secara khusus untuk mengakomodasi sifat komputer jinjing yang portabel. Sifat utama yang dimiliki oleh komponen penyusun laptop adalah ukuran yang kecil, hemat konsumsi energi, dan efisien. Laptop biasanya berharga lebih mahal, tergantung dari merek dan spesifikasi komponen penyusunnya, walaupun demikian harga laptop pun semakin mendekati desktop seiring dengan semakin tingginya tingkat permintaan konsumen 

Notebook

Notebook atau laptop sebenarnya adalah komputer desktop yang di buat agar bisa di potable, dapat dibawa kemana saja dan mudah digunakan. Teknologi di hardware yang ada di notebook sebenarnya sama dengan komputer desktop hanya saja karena notebook terkadang mengandalkan tenaga baterai maka beberapa bagian hardware notebook menerapkan teknologi hemat daya dibandingkan komputer desktop yang memerlukan ratusan watt agar bisa berjalan. Jadi Notebook adalah versi portable dan kecil dari komputer desktop dengan teknologi dan kinerja atau kemampuan yang hampir sama.

Notebook merupakan istilah awal yang muncul bersamaan dengan era laptop. Ukurannya lebih kecil dan lebih efektif untuk dibawa ke mana saja, jika dibandingkan dengan desktop PC atau komputer rumahan yang besarnya ’segede gaban’. Istilah Laptop muncul seiring dengan adanya istilah Notebook. Namun kata ‘laptop’ lebih sering digunakan karena diambil dari perilaku pengguna notebook, yang lebih suka meletakkan notebooknya di atas paha daripada meletakkan di atas meja. Kata ‘Lap’ sendiri merupakan bahasa Inggris yang artinya ‘pangkuan’.

Sebenarnya laptop atau notebook cuma sebuah penyebutan istilah belaka. Di Amerika istilah laptop lebih dikenal dari notebook. Juga penyebutan laptop lebih familiar ditelinga orang Indonesia karena lebih dulu populer. Hanya saja seiring dengan waktu istilah laptop memang dirasa kurang pas karena saat ini penggunaannya lebih banyak diatas meja. Istilah notebook yang berarti buku yang dapat dilipat dirasa lebih ‘gagah’ dan lebih kena untuk dipopulerkan. Apalagi dengan munculnya beberapa kasus meledaknya notebook akibat cacat baterai atau suhu panas berlebih, sebuah resiko yang sulit dibayangkan jika laptop dipangku, membuat penggunaan istilah laptop jadi kurang pas.

Meski demikian masih ada beberapa produsen besar pembuat produk ini tetap menggunakan istilah laptop. MISAL : Toshiba di dalam situs resminya menyebut seluruh tipe produksi PC Portable dengan kata Laptop. Sementara Acer menamakannya dengan Notebook, demikian juga dengan Fujitsu yang mengelompokkan produk Lifebook-nya dengan Notebook. Demikian pula Lenovo (produsen terbesar ke-4 asal China). Sementara Dell (perusahaan asal Texas) dengan tegas menyebut laptop maupun notebook.

Perbedaan utama lain adalah harga. Untuk membeli laptop, kita cuma dapat setengahnya yang didapat dari komputer desktop. Atau dengan kata lain jika tidak benar-benar butuh dan mobile, PC Desktop jauh lebih powerfull sebagai dipilihan.

Laptop/Notebook
Kelebihan
- Kinerja dan performa lebih tinggi dan secara fungsional hampir bisa menggantikan PC Desktop
- Konsumsi listrik lebih rendah dibandingkan PC Desktop
- Varian model sangat banyak

Kekurangan
- Bentuk Fisik yang besar sehingga untuk mereka yang memang sangat mobile dirasa kurang nyaman
- Baterai yang tidak bisa tahan terlalu lama karena konsumsi listrik prosesor tinggi



Netbook

Netbook merupakan istilah baru yang diluncurkan Intel pada Februari 2008. Netbook adalah merupakan versi sub dari Notebook, Netbook mulai booming ketika Asus mengeluarkan Netbook Asus EEEPC, perbedaan yang paling terlihat antara Notebook dengan Netbook adalah dari segi teknologi dan kinerjanya, Netbook menggunakan teknologi hardware yang sangat hemat energi, khususnya pada prosessor karena menggunakan teknologi hardware yang sangat hemat energi maka kinerjanya tergolong lebih rendah dari Notebook tetapi mempunyai ketahan baterai lebih baik dari Notebook. Netbook lebih baik di gunakan pekerjaan ringan sampai menengah seperi Office atau browsing oleh karena itu Netbook di desain lebih simple dan kecil bahkan tipis sehingga bisa mudah dibawa di badingkan Notebook yang besar dan tebal.

 Makanya, setiap netbook dipastikan wajib memiliki fasilitas wi-fi. Netbook cenderung lebih cocok disegmentasi pada pengguna pemula, seperti untuk anak-anak sekolah, atau pun ibu-ibu rumah tangga. Yang mana umumnya mereka tidak membutuhkan aplikasi lebih dari sebuah komputasi sederhana. Bentuknya mungil dan tentunya ringan untuk dijinjing. Dengan berat yang tidak lebih dari 1.5 Kg (rata-rata 1Kg), maka Netbook sangat cocok bagi anda yang sering bepergian, selain itu daya tahan baterai dari Netbook rata-rata mencapai 4-8 jam untuk sekali charge (ada juga yang cuma sampai 6 jam), jadi kemanapun anda pergi tak perlu khawatir kehabisan baterai (lowbet). Bandingkan dengan laptop yang hanya tahan selama 3 jam dengan berat 4kg – 5kg.

Netbook sangat cocok bagi anda yang membutuhkan sebuah Laptop hanya untuk kegiatan internetan, memberikan presentasi, ataupun membuat laporan. Dengan spesifikasi standar Netbook seperti prosesor 1.66Ghz, memori RAM 1GB dan Hardisk 160/250GB, netbook benar-benar dibuat untuk kebutuhan standar berkomputer, jadi performanya pun boleh boleh dibilang tidak bagus-bagus amat. Apalagi tanpa dilengkapi DVD drive.

Lalu bagaimana bila anda ingin bermain game terkini dan memutarkan Video Youtube dengan kualitas HD atau High Definition, tentu saja Netbook bukan pilihan yang tepat untuk mengakomodir kebutuhan anda ini. Laptop dan Notebook bisa menjadi pilihan yang wajib.

Namun dibandingkan dengan netbook, sisi minus sebuah Laptop / Notebook adalah daya tahan baterai yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan sebuah netbook, ini bisa dimaklumi karena hadirnya dedicated kartu grafis sampai prosesor yang membutuhkan sumber daya besar. Dari segi berat, Laptop rata-rata hadir dengan berat lebih dari 2 Kg ini artinya jika anda sering bepergian, maka menjinjing sebuah Laptop tentu saja membutuhkan tenaga ekstra, jika dibandingkan anda membawa sebuah Netbook.

Netbook
Kelebihannya
- Harganya lebih murah
- Ukuran kecil, beratnya sangat ringan sehingga cocok untuk mereka yang mobile
- Daya tahan baterai lebih lama

Kekurangannya
- Performa prosesor lebih rendah dibandingkan dengan laptop/notebook
- Tidak memiliki Optical Disc drive internal sehingga sedikit menyulitkan jika akan membaca data ataupun entertainment yang menggunakan keping CD/ DVD


Tablet PC

Tablet bisa dikatakan sub dari Netbook, Tablet atau tablet PC bisa di katakan pertengahan antara Netbook dengan Smartphone. Komputer tablet (tablet PC / ringkasnya tablet), adalah suatu komputer lengkap yang seluruhnya berupa layar sentuh datar. Tablet mulai booming ketika Apple mengeluarkan iPad yaitu versi lebih besar dari iPod dan iPhone. Dari segi teknologi hardware Tablet PC lebih mendekati teknologi yang digunakan di Smartphone tetapi dari besarnya layar mendekati Netbook. Tablet menggunakan layar yang cukup besar tetapi sama seperti di Smartphone layar di Tablet adalah layar sentuh. Penggunaan Tablet PC diarahkan sebagai gadget untuk menunjang produktivitas sekaligus hiburan penggunaanya, Tablet dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan ringan seperti di Netbook tetapi di saat yang lain Tablet dapat berfungsi sebagai telepon atau HP karena biasanya mempumyai teknologi untuk menerima jaringan telepon selurar beserta jaringan datanya. Ciri pembeda utamanya adalah penggunaan layar sebagai peranti masukan dengan menggunakan stilus, pena digital, atau ujung jari, alih-alih menggunakan keyboard atau mouse. Microsoft memperkenalkan versi Windows XP untuk tablet yang disebutnya Tablet PC pada tahun 2000, sedangkan Apple baru meluncurkan versi tabletnya pada tahun 2010 dengan nama iPad.


Nah, itu tadi sekilas hasil penelusuranku untuk menjawab kegaptekanku sendiri mengenai apa itu laptop, notebook, netbook, tablet dan perbedaannya. Semoga bermanfaat. Enjoy reading :)

11 komentar:

  1. notebook itu yang kertas dibendel2 jadi 1 hahaha :p

    BalasHapus
  2. iyein aja dah... yang penting situ girang :3

    BalasHapus
  3. Terima kasih anda telah memberikan kesempatan untuk berkomentar. Artikel anda sangat bagus. Semoga bermanfaat untuk semua

    BalasHapus
  4. apa tablet bisa untuk membuat surat dokumen ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo buat surat dokumen pake Ms.Word bisa aja,asal ada softwarenya :)

      Hapus
  5. sangat banyak kata yg membuat artikel ini makin bertele-tele.
    istilah-istilah yg kamu sebutkan mungkin hanya untuk orang "sok". karena secara umum tidak semua orang "SEPINTAR KAMU".
    dan mungkin para produsen computer yg sudah kamu sebutkan itu.
    lebih baik kamu mengimbangi kita-kita yg bodoh, biar kami mengerti. toh kamu juga "COPAST" dari artikel orang. hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita - kita yang bodoh? Kalo bodoh jangan ngajak orang donk :)
      Btw, makasi sudah komen. Artikel saya bisa makin famous nie :)

      Hapus
  6. uhuk-uhuk...
    keselek mouse hahaha

    BalasHapus