Senin, 17 Desember 2012

Millions Travel Stories At Gaya Baru Malam Part 2

Lanjut cerita tentang perjalanan ini....

_Surabaya, 26 Oktober 2012_
Oke. Karena kereta dari sononya udah telat 2 jam, so nyampenya juga pasti telat kan ya,tapi untungnya cuma telat 1 jam sih. Di tiket kita nyampe jam 04.00 pagi, nah realita nya GBM mendarat jam 05.00 di Stasiun Gubeng (stasiun penurunan penumpang terakhir di Surabaya, setelah Wonokromo). Sebenernya nggak masalah sih telat, cuma yang jadi masalah disini adalah :
Pertama : Hari ini adalah Hari Lebaran (Idul Adha), jadi ada solat ied kan ya? Klo misal kuliah telat ijin masuk sama dosennya. Nah kalo solat? Mo ijin ma sapa?
Kedua : Surabaya itu di wilayah Jawa Timur, yang secara geografis lebih timur dari Jogja. Yang artinyaaa adalah matahari terbit lebih dulu. Yang maksudnyaa adalah Solat Iednya lebih dulu..
\(!!˚☐˚)/

Akhirnya dengan langkah seribu walopun masih ngantuk pake banget segera hunting taksi. Kebetulan taksi di Gubeng ini banyak yang nggak pake argo alias nawar harga, dan biasanya lebih mahal dari harga argo. Jadi nyari taksinya diluar stasiun, berebut dengan penumpang yang lain juga. Akhirnya nih, nyegat taksinya di jalan seberang stasiun meen. Karena taksi ngga lewat juga, jalan terakhir adalah telpon pangkalan taksi yang sudah familiar denganku (maksudnya sudah sering inden taksi juga buat ke stasiun). Dengan pulsa dan batre minimum, aku menekan nomer 031 3721234. Dan, alhasil nggak ada yang angkat. ~ngeek ngoook
Jam ditangan uda nunjukin pukul 05.15, sedangkan solat di daerah rumahku mulai jam 06.00, belum lama perjalanan dari stasiun ke rumah. OMG!! Suasana makin genting..

Sekitar 3 menit kemudian, ada beberapa rombongan taksi dengan berbagai armada datang dari arah seberang. Dengan sigap dan nggak tau malu juga kali ya, aku melambai-lambai tinggi banget sambil teriak "TAKSIIII". Eh,,pada brenti lah semuanya, dan sekarang aku yang bingung milihnya. Taksi terdekat dengan posisiku berdiri yang terpilih, akhirnya langsung capcuss pulang..

Di perjalanan pun masih ada sedikit hambatan. Banyak jalan yang ditutup gegara mau dipake solat ied. Mau nggak mau jadi muter-muter nggak jelas dulu nyari jalan, mana pak supir juga nggak tau jalan alternatif yang cepet nyampe tujuan. Alhamdulilaah banget, jam 05.45 udah nyampe rumah. Langsung ngibrit masuk rumah padahal belum bayar, and pak supir bengong, haha maaf kan daku ya pak... Dengan sigap ibuku langsung bayar taksinya sambil ngasih arah-arahan keluar, karena di komplek rumahku juga mau dipake solat jadi pintu gerbang utamanya mau ditutup.
Masuk kamar mandi, langsung cuci muka, pas mau siap-sipa mandi eee diluar ada yang teriak giiniii
" Ora usah adus, selak telat. Gosok gigi, raup karo wudhu wae"
Baiklaaah, karena memang waktunya pun sudah tak bersahabat. Maka aku mengiyakan teriakan babe.. Mana belum solat subuh pula, solat subuh ato dhuha klo jam segini mah... Mana ada gitu solat ied nggak mandi kan ya?Ini taun pertamaku hari raya no mandi no dandan, semoga jadi yang terakhir juga yaa (‾ʃƪ‾)
Di akhir solat, terbersit suatu perasaan yang nggak tau kenapa akhirnya tertuang di jejaring sosial, no mention lah :p ..



_My Full House_
Sesampainya dirumah, langsung bantuin mommy bikin sarapan. Tapi, emang aku bakat jadi tester kali ya, masak belum selesai tapi uda 10% yang berkurang, hehe :p
Berdasarkan keputusan di masjid RT ku, kalo penyembelihannya nggak dilakuin hari ini, karena hari ini hari Jumat, takut kalo nanti tabrakan ma solat jumat. Jadi, ditunda besok sabtu. Dan, ini jadi kesempatan buat meluruskan tulang belakang yang berjam-jam ditekuk 90 derajat.

_Surabaya, 27 Oktober 2012_
Hari Sabtu. Waktunya penyembelihan. Suasana lagi sedih :(
Ehh,tapi bukan krna aku yang mau disembelih lho ya.. Tapi karna sudah waktunya balik ke Kota Pelajar disana, sudah waktunya harus berpisah sementara dengan bapak ibuku tercinta :')
Sebenernya hari ini aku setengah terlantar sih, istilahnya diduakan. Lha bapak sama ibu juga ikut ngurusin si sapi. huwaaaa aku dicuekin di rumah sendiri :((
Berangkat dari rumah jam 13.00, seperti biasa harus menunggu si ular besi itu lebih dari setengah jam kalo dianter babe. Gaya Baru Malam pun tiba tepat waktu, pukul 14.00. Dan perjalanan pun dimulai...

_Gaya Baru Malam_
Aku mulai bisa membawa diriku dalam kereta ekonomi lagi, sedikit khawatir untuk tidur apalagi harus pergi sendiri. Karena masih tegang, aku sama sekali nggak tidur 2 jam pertama, padahal biasanya kalo naek kreta langsung pules begitu tiket sudah diperiksa. Tapi ternyata, sekitarku nggak ada orang sama sekali. Baru beberapa menit kereta jalan ada seorang bapak lari sambil marah-marah sama orang yang ngehalangin jalannya.
"Misi mas mbak, saya mau lewat". Orang yang diserobotnya pun juga jawab dengan nada galak
"Ya sabar donk pak, namanya juga tempat orang banyak". Si bapak jawab
"Anak saya nggak ada mbak. Anak saya ketinggalan. ILHAAM", teriak si bapak yang bikin orang bengong. Gimana nggak bengong? Coba pikir deh.. Bapak macem apa lah itu namanya kalo anak aja sampe lupa and ketinggalan,ckckck tak patuuuut..

Akhirnya mataku nyerah, lumayan pules tidur sampe kepala kepentok kaca jendela, lumayan sakit sih. Entah uda berapa lama aku tidur pules gini, sampe aku nggak sadar sekitarku sudah penuh dipake seorang bapak n 2 orang mas-mas nglaju. Tiap kreta brenti, aku kebangun, disaat itu juga si mas depanku ngomong 
" Ini nyampe blabla, nungguin kreta eksekutif blabla lewat". Dan omongannya pun benar.
Beberapa menit kemudian, si kreta brenti lagi, si mas pun bicara "Ini nungguin kreta blabla yang dari Jakarta". Dan dia bener lagii..
Karena ini kreta baik ati, jadi suka ngalah. Dan dia pun brenti lagi, tapi kali ini brentinya nggak di stasiun, sempet bingung juga ngapain nie kreta brenti disini. Nggak mungkin juga kan, ban nya bocor?? Pertanyaanku terjawab sudah karena ucapan si mas cenayang kreta tadi "Ini kres sama kreta Gaya Baru Malam yang dari Jakarta, jadi nunggunya agak lama". Mungkin apa yang kupikirkan juga dipikirkan sama bapak sebelahku, beliau berkata "Sering naek kreta ya mas? Kok hapal jalurnya?"
"Lumayan sih pak, seminggu sekali pulang ke Surabaya". Pantessss.. Alah bisa karena biasa -pepatah lama-

Kreta jalan lagi, begitu nyampe Tuban apa ya, aku nggak inget, pemilik bangku sebelahku sudah datang, mahasiswi juga, anak Peternakan UGM, lagi skripsi, setaun lebih tua dari aku.
Sekitar sampe sebelum Madiun (aku nggak inget juga dimana), ini kereta brenti lama banget nggak tau kenapa. Dan untuk kesekian kalinya si mas cenayang kreta menjawab pertanyaan dipikiranku. "Biasanya kalo di Madiun emang lama, ganti kepala kreta soalnya". Sebenernya aku juga bingung nie orang ngomong sama siapa. Ngomongnya madep kaca sih, nggak jelas siapa lawan bicaranya.
Dan disini aku melihat sisi lain dari perjuangan para pedagang asongan. Seorang ibu dan barang dagangannya datang ke bangku seberangku, beliau minta tolong keberadaannya ditutupi dari para SatPol Kereta. Aku nggak ngerti gimana cara ibu itu mau menyembunyikan diri dan dagangannya di tengah bangku yang sudah full. Ternyata sang ibu ndelosor ke bwah kursi penumpang dan tidur terlentang, begitulah caranya bersembunyi. Mas cenayang pun nyeletuk "Emang di Madiun itu paling keras soal pedagang asongan, apalagi kalo yang nggak ada komunitasnya". Setelah kereta kembali jalan, sang ibu baru bangun dari tempat 'tidur'nya.
Beliau bercerita, "Di Madiun itu SatPol nya galak. Kalo ketahuan, bisa disita dagangan saya, nggak cuma didenda aja." begitu jelasnya. Dan....lagi-lagi mas cenayang benar. Syuperr syekaliii memang dia *2thumbsup*

Setelah kreta jalan ternyata ada seorang cewek yang masih bingung cari tempat duduknya. Dan ternyata, dia pemilik bangku depanku.
Entah karena lelah ato karena memang suasananya lagi panas, cewek depanku berkeringat parah, seperti habis olimpiade lari.
Beberapa menit kemudian, suasana agak mencair, cewek barusan itu anak UI, masih semester 1 jurusan hukum, asli dari Madiun. Disepanjang jalanpun kami (Aku, Mbak dari UGM, dan anak dari UI) bertukar pengalaman dan cerita. Cerita kami seru, walaupun tidak harus dengan suara yang seru (keras). Ternyata kami bertiga sedang dalam kondisi yang sama, yaitu
  1. Sesama anak kost yang merantau di kota orang
  2. Pulang karena desakan orang tua yang sudah rindu
  3. Pulang pada tanggal, dan hari yang sama, dengan kreta ekonomi pula walau tidak sekereta
  4. Kembali ke kota rantauan dengan hari, tanggal, dan kreta yang sama (itulah mengapa kita bertemu)
  5. Hanya bersua dan menginjak rumah beberapa jam
  6. Dan ini yang terPENTING. Sama-sama akan UTS hari Senin (29 Oktober 2012)
Kami saling bertukar cerita tentang Jakarta, Depok, Madiun, Surabaya, Yogyakarta, tentang UAD, UI, UGM, Farmasi, Hukum, life style, sains dan informasi bagaimana sistem sks tiap universitas. Ternyata, walau dari UI sekalipun sistemnya nggak se'kejam' Farmasi UAD. Horass UAD!!
(╥﹏╥)

Mbak dari UGM ini merupakan sosok cewek yang cewek banget, sedangkan disini anak UI ini memang anak pinter dari sononya, walaupun dia merendah. Anak UI ini, cerita kalo SMA nya 4 taun, makanya kuliahnya terlambat. Sempat terbersit negthink juga kenapa SMA sampe 4 taun, pikiranku ''mungkin nie anak ngga lulus''. Ternyata sebelum ku tanya dia menjawab, "Itu mbak, aku tuh kan ikut pertukaran pelajar di luar negeri, aku dapet yang di Amerika selama satu taun, makanya nggak bisa ikut UN. Padahal cuma ketinggalan UN sehari, tapi tetep aja suruh ngulang setaun lagi. Berasa tua gitu deh mba, waktu kembali ke sekolah pada manggil aku mbak, huuhuuu"

W.O.W. Benar-benar diluar dugaan. Ini anak emang pinter, tapi nggak sok pinter. Ia bahkan keliatan excited, walo ngga tau UAD tuh dimana #miriss.
You're so cool dek. Pertahankan itu, nggak sombong dengan ilmu yang kamu punya :)

Sayang sekali perbincangan kami harus berakhir di Yogyakarta..

"Ati-ati ya mbak semua. Aku masih 12 jam lagi nieh sampe Jakarta. Belum ntar ditambah ke Depoknya 1-1,5 jam kalo nggak molor"
"Ati-ati juga ya. Smoga habis ini ngga ada yang nempatin lagi tempat dudukku, jadi bisa lega sampe Jakarta", kataku.
"Amin. Ati-ati mbak", katanya sambil melabaikan tangan.

Walau awalnya aku harus sendiri, tapi diperjalanan aku ditemani berbagai cerita, pengalaman, dan teman. Di setiap sudut bumi Allah, DIA pasti memberikan 'sesuatu', like a Millions Travel Stories At Gaya Baru Malam :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar