Senin, 22 Oktober 2012

Chicken Soup for the Teenage Soul III ( RESENSI BUKU)


Pertama kali (dan terakhir kali mungkin) dapet tugas nge resensi buku ya waktu sekolah dulu, waktu kelas 2 SMF. Karena bingung mau nge resensi buku apa, akhirnya aku and teman sebangkuku milih buat nge resensi buku ini, buku yang jarang jadi buah bibir temen-temen. Why kita milih buku ini? Karena dari sinopsisnya bikin penasaran, tapi belum banyak yang ngerti buku ini. Makanya kami pilih buku ini. Dan setelah melalap abiz itu buku, cerita nya not bad kok, seru malah.. Dan,, ta-daaaaaa ini lah sedikit hasil karya kami :p


A.IDENTITAS BUKU

  • Judul buku       : Chicken Soup for the Teenage Soul III
  • Jenis buku        : Hiburan
  • Pengarang        : Jack Canfield, Mark Victor Hansen, Kimberly Kirberger
  • Penerbit           : PT. Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun terbit     : 2003
  • Halaman          : xxiii + 411 halaman
  • Harga               : Rp. 49.500
  • Cover               : Buku yang di resensi sih covernya yang diatas, yang model lama
Edisi Baru 



B.PENGARANG
  • Jack Canfield
Jack Canfield adalah salah satu pakar terkemuka Amerika Serikat dalam bidang pengembangan potensi manusia dan efektivitas pribadi. Ia adalah seorang penceramah yang dinamik dan menarik, serta pelatih yang banyak dicari-cari. Jack memiliki kemampuan yang hebat untuk memberi informasi dan inspirasi kepada para peserta untuk meningkatkan harga diri dan kinerja puncak.
            Jack adalah pengarang dan narator beberapa program kaset audio dan video terlaris termasuk Self Esteem and Peak Performance, How to Build High Self-Esteem, Self-Esteem in the Classsroom, dan Chicken Soap for the Soul-Live. Ia telah menerbitkan banyak buku, termasuk serial Chicken Soup for the soul, Dave to Win dan The Aladdin Factor (semuanya bersama Mark Victor Hansen), 100 Ways to Build Self-Concept in the Classroom (bersama Harold C. Wells) dan Heart at Work (bersama Jacqueline Miller).

  • Mark Victor Hansen
Mark Victor Hansen adalah penceramah profesional yang 20 tahun terakhir telah memberikan lebih dari 4000 ceramah di hadapan lebih dari dua juta orang di 32 negara. Ceramahnya meliputi bidang keunggulan dan strategi penjualan: pemberdayaan dan pengembangan pribadi; dan bagaimana melipat gandakan pendapatan Anda serta memperpanjang waktu luang Anda.
            Mark telah menulis banyak buku, antara lain Future Diary, How to Achieve Total Prosperity, dan The Miracle of Tithing. Ia menjadi pengarang untuk buku seri Chicken Soup for the Soul, Dare to Win, dan The Aladdin Factor (semuanya bersama Jack Canfield), dan The Master Motivator (bersama Batten). Mark juga menghasilkan program-program perpustakaan yang lengkap berisi aneka program pemberdayaan pribadi dalam bentuk kaset audio dan video yang memungkinkan pendengarnya untuk mengenali dan memanfaatkan kemampuan bawaan mereka dalam kehidupan bisnis dan pribadi mereka. Pesan yang disampaikan juga membuat tokoh televisi dan radio terkenal, dengan ditayangkan di ABC, NBC, CBS, HBO, PBS, dan CNN.  Mark adalah orang besar dengan jiwa besar dan semangat besar-sebuah inspirasi bagi semua orang yang berupaya mamperbaiki diri.

  • Kimberly Kirberger
Kimberly adalah direktur dan pendiri Inspiration and Motivation for Teens, Inc. (I.A.M. 4 Teens, Inc.), sebuah perusahaan yang sepenuhnya didedikasikan untuk remaja.  Jika tidak sedang menulis, Kimberly menghabiskan waktunya dengan bekerja untuk meningkatkan kemampuan remaja dan meningkatkan kualitas pendidikan bagi remaja. Dia menyediakan Web site yang dirancang menjadi lingkungan yang aman dan nyaman bagi remaja untuk mendiskusikan masalah-masalah kompleks dan untuk saling memberikan dukungan dan dorongan semangat. Dia muncul sebagai konsultan remaja di televisi dan radio, termasuk Geraldo, MSNBC, Saluran Keluarga TV Fox: Parenting 101 dan Terry Bradshaw Show. Kimberly menyaksikan impiannya menjadi kenyataan ketika ia ikut mendirikan Teen Latter Project (T.L.P.) dengan dana yang disumbangkannya dari hasil penjualan buku-bukunya. Dengan bimbingan Kim, para staf yang masih remaja bertanggung jawab menjawab ribuan surat yang menyentuh hati yang dikirimkan pada remaja lain. Bersama-sama mereka manyantuni remaja bermasalah dan meyakinkan para remaja itu bahwa ada orang yang bersedia mendengarkan dan menolong mereka. Mereka mendorong remaja bermasalah untuk mencari bantuan dan dukungan dari luar untuk memecahkan masalah mereka, dan meyakinkan mereka bahwa di dunia yang penuh tantangan ini mereka tidak sendirian.

C. ISI BUKU

Sinopsis:

Bab I : Asmara

Cerita ini banyak mengandung unsur asmara yang biasanya dialami oleh kebanyakan para remaja.Ada senang,gairah cinta,sedih yang disesali seumur hidup,dan masih banyak lagi “Bumbu Cinta”yang terkandung dalam cerita ini.Pengalaman pribadi penulis tentang asmara mereka hingga penyampaian pesan untuk yang tercinta.


Bab II : Persahabatan

Banyak yang bercerita ataupun yang berbicara bahwa sahabat adalah segalanya,dalam cerita ini banyak pelajaran mengenal sahabat sejatimu,ataupun hanya sahabat simpananmu.Hingga sahabat yang senantiasa ada disampingmu tapi tak pernah kau hiraukan,tapi ia senantiasa membantumu semampunya.Kau dapat mengartikan semuanya dengan jelas.


Bab III : Kekuatan Cinta

Power Of Love” salah satu sebutan dari sekian banyaknya kata yang mengandung makna Cinta dengan kekuatannya.Cinta bisa mengalahkan semua masalah apabila ada dorongan dan kekuatan yang menyokongnya.Cinta adalah hal yang menakjubkan,dimiliki oleh setiap orang dengan kekuatan yang berbeda. Dalam cerita ini dikisahkan banyak sekali kekuatan cinta yang menakjubkan, seperti banyak orang yang katakan “love is Beautiful”


Bab IV : Keluarga

Keluarga...tak asing dalam kehidupan sehari-hari,salah satu cerita ada kebahagiaan yang menghinggapi keluarga yang tak utuh.Bukan berarti keluarga yang tak utuh tidak berhak merasakan kebahagiaan hidup.Belaian seorang ibu yang hanya bisa didalam angan pun dapat memberikan kebahagiaan tersendiri bagi anak yang tak memiliki kasih sayangnya.Entah apalah makna sejati keluarga sekarang menjadi masalah tabu.Banyak pendapat yang mendasari perbuatan buruk dari kelakuan anak untuk berbuat sesuatu hal yang tak diinginkan.


Bab V : Pelajaran

Dapat diartikan sebagai sesuatu yang dijadikan panutan menjalani hidup.Terlalu banyak pelajaran yang terkandung dalam kisah ini,kisah cinta,sahabat,asmara yang dapat memberikan suatu pelajaran dalam menghadapi segala persoalan.Masih banyak cerita yang belum kita ketahui,pelajaran tidak hanya tentang cinta,kekuatan cinta,sahabat,ataupun kisah yang lainnya.Pelajaran tidak hanya ada di sekitar kita saja tapi pelajaran tersebar luas diseluruh muka bumi.


Bab VI : Pengalaman Buruk

Tak hanya pengalaman yang menyenangkan saja yang terpatri jelas dalam ingatan kita.Sebagian besar juga terdapat pengalaman buruk yang menjadikan cambuk untuk meraih suatu hal yang diinginkan.Pengalaman didapat dari sebuah pelajaran yang telah kita rasakan.Bagaikan kliping,pengalaman buruk adalah salah satu koleksi kita yang kan kita kenang hingga mati.Bahkan tak jarang pengalaman itu membuat kita menjadi dewasa dengan paksa walaupun kita tak menginginkannya.


Bab VII : Melewati rintangan

Kisah ini menceritakan tentang masa-masa dimana kita ada dalam kesulitan dan cara mengatasinya.Terdapat banyak makna yang tersembunyi dibalik cerita.Banyak alasan yang mendasari sebuah perbuatan manusia baik itu logis ataupun tidak masuk akal.Rintangan dapat dilalui dengan berbagai cara,setiap ada permasalahan pastilah ada solusinya.
 

Bab VIII : Penemuan diri

Keunikan dari setiap individu yang menjadi ciri khasnya adalah warna setiap orang. hal itu tak lepas dari karya Sang Pencipta,setiap warna mengandung arti masing-masing. dan arti itu tak bisa kita artikan dengan sempurna.Walaupun itu,warna itu milik kita sendiri.Penemuan diri akan berlangsung lama seolah itu menunggu kita tumbuh dan datang permasalahan yang dapat kita pecahkan sendiri,seiring dengan waktu yang berjalan maka kita dapat memahami diri kita sendiri.


Bab IX : Masa pertumbuhan

“Tak ada hal yang tak mungkin”pepatah hidup yang terus ada dimasa kini.Hal ini meyakinkan sesuatu yang selalu ada dalam hidup ini,bahkan dalam cerita ini.Banyak masa yang dipenuhi senang,sedih,marah,kecewa.semua itu mendukung semua masa pertumbuhan baik pertumbuhan fisik dan pertumbuhan rohani yang selalu mewarnai hidup seiring pertumbuhan.



D. KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN
  •  Keunggulan :
Buku ini menceritakan tentang kisah cinta, masa – masa sekolah dan juga bagaimana beratnya hidup para remaja. Buku ini mengisahkan beberapa karakter berbeda dari remaja, sehingga dapat memberi motivasi bagi remaja yang membacanya dan juga menawarkan pedoman dan pengertian untuk menolong para remaja dalam menghadapi masalah dalam kehidupan sehari – hari.
Bahasa yang digunakan tidak merusak kaidah berbahasa yang baik dan dapat diterima oleh pemikiran dan gaya bahasa remaja jaman sekarang

  • Kelemahan:
Buku ini menggambarkan kehidupan remaja Amerika yang dirasa kurang sesuai dengan pola hidup remaja Asia yang cenderung lebih sopan, sehingga ada beberapa hal yang kurang layak ditiru.


E.NILAI BUKU
            Buku “Chicken Soup for the Teenage Soul III” layak dikonsumsi oleh para remaja, karena gaya bahasa dan cerita dalam buku ini dapat memenuhi rasa ingin tahu para remaja yang mungkin tidak bisa didapatkan pada novel atau buku cerita lain

Demikian resensi sederhana yang dapat kami buat. Show up your teenage soul!! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar