Jumat, 19 Oktober 2012

SURABAYA (Study) TOUR


Mengenang jaman-jaman putih biru SMF. Flash back kenangan di tempat Sekolah Menuju Frustasi itu :))
I really miss it :)


LAPORAN STUDY TOUR SMK FARMASI SURABAYA
RABU, 17 JANUARI 2008





Pada hari Rabu tanggal 17 Januari 2008 pukul 07.15 rombongan kami sudah berkumpul di halaman SMK Farmasi, Jl. Kapasari no.3 – 5.


            Rombongan yang terdiri dari 120 siswa siswi kelas XI dengan 3 wali kelas, dan 5 orang guru dibagi dalam 2 bus.
Ini merupakan pertama kalinya SMK Farmasi mengadakan perjalanan wisata belajar, oleh karena itu sarana transportasi yang kami gunakan tidak lebih dari bus kota. Dua buah bus kota yang telah disewa telah berjajar rapi di halaman sekolah, yaitu Bus A dan Bus B. Kemungkinan tidak ada dana dari sekolah yang dikeluarkan untuk perjalanan ini, hal ini terbukti dari bus yang di sewa tidak memadai untuk 120 orang siswa dan untuk perjalanan Study Tour. Keadaan bus sangat memprihatinkan, bangku terasa kurang nyaman karena terlalu kecil selain itu jumlah bangkunya pun tidak mencukupi untuk 60 siswa, sehingga masih ditambah dengan bangku plastik diantara bangku bus. Namun ini merupakan perjalanan yang mempunyai kesan tersendiri bagi kami, karena tidak semua siswa di sekolah lain dapat merasakan hal ini.
Untuk menambah kesan rapi dari seragam yang kami kenakan, maka jas almamater pun menjadi pelengkap atribut kami.

            Setelah berkumpul di depan ruang guru untuk mendapatkan pengarahan dari bapak ibu guru, mencatat daftar hadir dan berdoa bersama dilakukan untuk memohon perlindungan Allah SWT agar perjalanan kami lancar dan selamat sampai tempat tujuan hingga kembali ke SMK Farmasi. Jadwal keberangkatan semula pukul 06.30, akan tetapi karena banyak diantara kami yang belum tiba di sekolah, maka pukul 07.15 rombongan Bus B berangkat menuju “Wisata Religi Ampel” disusul Bus A. Meskipun jadwal keberangkatan tertunda beberapa menit, namun hal tersebut tak menyurutkan semangat teman – teman sepanjang perjalanan.


             I.      WISATA RELIGI AMPEL

            Pukul 07.30 rombongan kami tiba di Ampel. Saat memasuki area parkir wisata, rombongan kami bertemu dengan rombongan dari SMA Ta’miriyah. Bus kami berada diantara bus – bus pariwisata mereka yang mewah, walau demikian hal ini tak menjadi penghalang bagi kami untuk belajar mengenai Wisata Religi Ampel, meskipun sempat terbersit rasa malu dan sedikit iri karena tidak mampu untuk menyewa bus eksekutif seperti bus yang mereka sewa. Turun dari bus kami harus bejalan bermeter – meter untuk mencapai tempat tujuan. Kami berjalan melewati pasar yang menjual  pernak pernik berbau Arab. Setibanya di makam Sunan Ampel, kami langsung berkumpul dan memasuki tempat ziarah untuk berdoa bersama. Kami tidak melakukan istighosah seperti yang dilakukan SMA Ta’miriyah karena waktu kami sangat terbatas, sedangkan tempat yang akan kami kunjungi masih banyak. Usai berdoa, kami diajak melihat – lihat makam salah satu orang yang telah berjasa selama berdirinya Masjid Ampel yaitu Mbah Sholeh. Mbah Sholeh adalah seseorang yang dipercaya Sunan Ampel yang ditugasi membersihkan Masjid Ampel. Menurut cerita, beliau meninggal sebanyak 9 kali. Beliau akan kembali hidup apabila Masjid Ampel kotor dan tidak terawat, dan menurut cerita pula hal itu terjadi sampai 9 kali. Tampak makam Mbah Sholeh berjajar sebanyak 9, dimana yang paling ujung diberi kain putih yang membungkus nisan beliau, di makam itulah Mbah Sholeh meninggal untuk yang ke sembilan kalinya dan tidak akan hidup kembali, dan di makam itu juga terdapat jasad beliau yang tidak terdapat pada 8 makam sebelumnya. Sesudah berdoa bersama dan melihat area pemakaman orang – orang yang terlibat langsung maupun tak langsung dalam perjuangan Sunan Ampel dalam menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, kami segera bersiap menuju bus untuk selanjutnya meneruskan perjalanan kami. Jalur pulang kami sama seperti jalur kami berangkat dari tempat parkir bus kami. Setelah semua anggota rombongan tiap – tiap bus sudah lengkap, maka bus kami melaju menuju Tugu Pahlawan. Tujuan kami mengunjungi Tugu Pahlawan adalah untuk mengetahui kerja keras dan perjuangan arek –arek Suroboyo dalam menghadapi penjajah.
Kawasan Wisata Religi Sunan Ampel

Pintu Masuk

Gentong Air yang katanya bawa berkah kalau meminumnya

Makam Mbah Sholeh yang konon meninggal sampai 7x, sampai makamnya sebanyak 7 pula



           II.      TUGU PAHLAWAN

Sekitar pukul 09.15 rombongan kami tiba di Tugu Pahlawan. Setelah semua rombongan turun dari bus. Tak ingin menyia – nyiakan moment langka ini, kami berfoto bersama di depan patung kedua proklamator kita Soekarno – Hatta. Memasuki lapangan Tugu Pahlawan, kami disambut dua orang pemandu wisata yang telah siap memberi informasi mengenai Tugu Pahlawan yang mungkin tidak diajarkan dalam pelajaran sekolah. Kami dibagi menjadi 2 kelompok yang disesuaikan dengan rombongan bus masing – masing.
Kami dipandu untuk berkeliling Tugu Pahlawan dan setelah itu kami dipandu untuk memasuki museum. Museum yang ada di san merupakn museum bawah tanah, sebenarnya saat itu museum sedang mengalami perbaikan, akan tetapi perlakuan istimewa yang kami dapat karena kami sedang dalam rangka Study Tour. Di dalam museum kami mendapat informasi dan keterangan tentang perjuangan Bung Tomo dalam mengobarkan semangat Arek – arek Suroboyo untuk tidak gentar dalam menghadapi selebaran ultimatum yang dijatuhkan Inggris melalui pesawat tempurnya, insiden perobekan bendera di Hotel Yamato, asal usul didirikannya Tugu Pahlawan.
Selain itu kami juga dibawa menuju ruangan yang khusus untuk memamerkan benda – benda peninggalan bersejarah seperti senapan; meriam; foto – foto orang berjasa seperti Bung Tomo dan para rakyat yang kala itu ikut berjuang; serta relief dinding yang melukiskan kerasnya masa perjuangan melawan penjajah pada saat itu; terdapat juga patung sepuluh orang pemuda yang meninggal akibat pertempuran hebat melawan sekutu, dimana salah seorang pemuda tersebut meninggal dalam keadaan hormat kepada Sang Merah Putih, maka jumlah pemuda tersebut ditetapkan sebagai Hari Pahlawan yaitu tanggal 10 November untuk mengenang jasa sepuluh orang pemuda tersebut.
Selanjutnya kami dipandu untuk mendengarkan rekaman asli suara pidato Bung Tomo, seharusnya untuk mendengarkan pidato beliau kami membutuhkan koin khusus, tetapi lagi – lagi perlakuan istimewa kami dapatkan, kami hanya duduk berjajar dengan tertib untuk mendengarkan pidato Bung Tomo. Setelah itu kami dipandu memasuki ruangan yang penuh replika mini yang menggambarkan hiruk pikuk kondisi saat itu, ruangan khusus ini dinamakan Ruangan Auditorium. Di dalam ruangan ini banyak miniatur yang bisa bergerak secara otomatis bila memasukkan koin khusus, namun kali ini kami tidak beruntung, koin yang disediakan khusus untuk kami telah habis sehingga kami hanya menyaksikan miniatur perjuangan yang tak bergerak.
Tempat terakhir yang diarahkan pemandu kepada rombongan kami adalah Ruang Audiovisual. Dalam ruangan ini kami diperlihatkan sebuah film perjuangan rakyat Surabaya. Film tersebut sudah sangat tua sehingga dalam pemutaran sempat beberapa kali terhenti di tengah cerita, sehingga beberpa kali pula harus memutar ulang film dokumenter tersebut. Film tersebut mengisahkan bagaimana porak porandanya keadaan kota Surabaya saat pertempuran melawan sekutu. Bagaimana kerasnya latihan militer tentara sekutu, dan persiapan senjata perangnya. Kisah tragis juga diputar dalam film tersebut, dimana banyak rakyat yang dihukum tembak di tempat, korbannya adalah para lelaki. Saat itu kaum wanita, orang tua dan anak – anak sudah dipindahkan ke tempat yang lebih aman. Juga terekam pidato Bung Tomo dengan wajah tuanya yang tetap bersemangat dan dalam pidatonya,akan tetapi beliau tak lupa memohon perlindungan kepada Allah SWT, agar rakyat Surabaya diberi kekutan untuk melawan sekutu. Film tersebut juga mengisahkan kehidupan para tawanan pribumi yang dipenjara dalam penjara Kalisosok. Film tersebut berakhir dengan kisah awal berdirinya Tugu Pahlawan.
Tidak tahu berapa lama waktu yang kami habiskan untuk menyaksikan film tersebut. Setelah selesai kami berebut antre keluar ruangan ini dengan berdesakan dan sangat lambat. Ternyata banyak yang sudah keluar setelah saya tiba di lapangan. Ada yang sedang berfoto untuk mengabadikan moment langka ini. Sesudah puas berfoto, para guru pun tiba di lapangan dan menyuruh kami untuk bergegas berkumpul dan naik dalam bus masing – masing. Sebelum pergi meninggalkan Tugu Pahlawan kami mengantre membeli aneka makanan dan minuman untuk disantap dalam perjalanan menuju Masjid Agung. Setelah selesai memborong makanan ringan dari para pedagang, bus kami melaju melanjutkan perjalanan menuju Masjid Agung.
Megahnya Tugu Pahlawan

Patung Soekarno - Hatta

Salah satu sudut di dalam monumen

Salah satu view fave ku :)


        III.      MASJID AL – AKBAR

Bus kami melaju cukup kencang, sehingga perjalanan dari Tugu Pahlawan menuju Masjid Agung terasa singkat. Rombongan tiba di Masjid Agung pada pukul 11.00. Setibanya di sana, banyak diantara kami yang langsung menyantap makan siang dari sekolah, ada juga yang menyantap bekal dari Tugu Pahlawan tadi. Setelah makan siang banyak yang pergi ke tower masjid untuk bisa menyaksikan pemandangan indah dari atas. Beberapa ada yang sedang asyik foto, bahkan ada yang sudah bersiap untuk sholat dhuhur. Tiada terasa adzan dhuhur telah berkumandang setelah 30 menit melepas lelah dan kepenatan selama perjalanan hari ini. Beberapa menit setelah adzan, masjid ini segera mengumandangkan iqomah sebagai tanda sholat dhuhur akan segera dimulai. Memasuki Masjid Agung terasa sejuk, nyaman, dan damai. Suasana sholat dhuhur berjamaah terasa hening dan khusyuk. Selesai sholat, kami diberi waktu untuk beristirahat selama 1 jam. Waktu yang bisa dibilang lama namun singkat ini tak terasa telah habis karena asyik menikmati suasana Masjid Agung tersebut. Setelah benar – benar siap untuk pulang, rombongan kami pun kembali pada bus masing – masing. Bus melaju dengan santai, namun tiba – tiba diluar rencana bus bergerak menuju UNESA. Beberapa teman mengenakan jas almamater, bersiap – siap apabila akan memasuki UNESA. Namun tak disangka, bus kami berputar balik, bus kami hanya memasuki jalan menuju kampus, rupanya rencana masuk ke kampus UNESA hanya untuk memberi tahu kepada teman – teman saya bentuk dan lokasi kampus UNESA. Kecewa mewarnai beberapa wajah teman saya, tetapi semua pudar dengan sendirinya karena perjalanan kami dari kampus menuju sekolah diiringi angin semilir dan pemandangan indah sepanjang jalan. Pukul 02.30 rombongan Bus A tiba lebih dahulu di SMK Farmasi dengan selamat, beberapa menit kemudian tiba Bus B yang juga tiba di tempat tujuan dengan selamat. Beberapa anak langsung pulang meninggalkan sekolah, ada juga yang masih melepas lelah dengan duduk bersandar pada Gedung UT. Begitulah perjalanan Study Tour kami, banyak hal menyenangkan, menyedihkan dan tentunya rasa lelah yang melekat pada badan merupakan bukti tak tampak perjalanan wisata hari ini.
Masjid Al Akbar Surabaya


Miniature of Al Akbar Mosque

Salah satu sudut MAS


Demikian laporan Study Tour yang saya buat. Tiada gading yang tak retak, bila ada kata – kata yang kurang berkenan, kami mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya. Selamat Membaca.

2 komentar:

  1. Mau liburan sekolah murah?, perpisahan sekolah / kelas juga study Tour. Kami Halo Indonesia Tour & Travel memberikan harga yang sangat murah dengan kualitas layanan di jamin memuaskan.

    - Kawah Ijen 1 hari Mulai dari Rp. 230.000 /pax
    - Tour Bali inap 1 Malam Mulai dari Rp. 550.000 /pax
    - Tour Bali inap 2 Malam Mulai dari Rp. 800.000 /pax
    - Tour Yogyakarta inap 1 Malam Mulai dari Rp. 315.000 /pax
    - Tour Gunung Kidul - Yogyakarta inap 1 Malam Mulai dari Rp. 550.000 /pax

    Harga yang kami berikan semua termasuk paket lengkap ( transport PP, tour leader, guide, makan selama tour, tiket wisata dokumentasi, benner tour, tol, parkir Dll )

    Informasi dan Reservasi
    Halo Indonesia Tour & Travel
    P. Sidokare Asri QQ.2 Sidoarjo - JAWA TIMUR
    081235618281 / 085730077308
    54E0B52 / 7ECC7D00
    www.halo-indonesia.com
    Anda bisa menghubungi kami melalui SMS, BBM, Ym Chat, Tlp, email semua 24 jam

    BalasHapus